Laman

Jumat, 04 Maret 2011

Penalti Pizarro Menangkan Roma

Diwarnai perebutan eksekutor penalti, AS Roma berhasil menaklukkan tuan rumah Lecce 2-1.


Guillermo Giacomazzi (L), Marco Borriello (R) - Lecce-Roma - Serie A (Getty Images)
Guillermo Giacomazzi (L), Marco Borriello (R) - Lecce-Roma - Serie A (Getty Images)
 
Vincenzo Montella berhasil meraih kemenangan kedua sebagai pelatih AS Roma ketika mengalahkan tuan rumah Lecce 2-1, Jumat (4/3) malam.

Berkat tambahan tiga poin, Roma tak terkejar di posisi keenam dari intaian Juventus dengan selisih lima poin. Hasil ini juga membawa Montella belum terkalahkan dalam tiga pertandingan sejak menangani Roma. Satu catatan pertandingan Montella lain berakhir imbang.

Roma tidak dapat memainkan Francesco Totti dan Aeandro Rosi karena sanksi akumulasi kartu. Lecce juga kehilangan sejumlah pemain andalan, seperti David di Michele, tapi bisa menurunkan Guillermo Giacomazzi dan Giuseppe Vives.

Marco Cassetti hampir menjebol gawang bekas klubnya. Umpan Rodrigo Taddei disambut Cassetti, tapi dengan tembakan kaki kanannya bola masih menghantam tiang jauh. Sayangnya, beberapa menit berselang Cassetti tidak dapat melanjutkan pertandingan karena gangguan cedera otot sehingga digantikan Juan.<script type="text/javascript" src="http://ad.doubleclick.net/adj/gna.id/level2;tile=2;sz=160x600;ord=783920?area=2l&pos=2&ord=783920"></script>

Roma kemudian berhasil unggul pada menit ke-32. Mirko Vucinic mendapat bola di lingkaran tengah dan berhasil lepas dari pengawalan Andrea Rispoli. Berlari melewati tiga pemain lain, Vucinic melesakkan bola ke pojok gawang. Gol tersebut tidak dirayakan Vucinic demi menghormati klub tempatnya memulai karier di Serie A.

Tuan rumah segera membalas. Hanya berkat kecermelangan Alexander Doni, bola sundulan Giacomazzi berhasil ditepis ke atas mistar. Dari tendangan penjuru, tendangan voli Rispoli diblok oleh David Pizarro.

Lecce kembali mengancam di menit 60. Umpan silang Giacomazzi disambut sundulan eks pemain Roma, Daniele Corvia. Lagi-lagi Doni beraksi dengan mementahkannya.

Kehadiran Corvia benar-benar menambah agresivitas tim tuan rumah. Berulang kali mereka menekan pertahanan lawan. Puncaknya, pada menit ke-75, sundulan Giacomazzi berhasil menjebol gawang Doni.

Lecce kian menggiatkan serangan. Pelatih Luigi de Canio bahkan mengganti Rispoli dengan Javier Chevanton. Dari sebuah peluang, Chevanton nyaris membuahkan gol, sayang peluangnya menghantam mistar.

Pada menit terakhir, Roma justru sukses mencuri gol kemenangan. Bola sundulan Marco Borriello mengenai tangan Gianni Munari sehingga tak ada pilihan selain penalti untuk tim tamu.

Menariknya, penalti diperebutkan antarpemain Roma sendiri. Pizarro tampak berupaya memaksa mengambil penalti untuk diri sendiri sehingga Borriello harus ditenangkan Daniele de Rossi. Dari titik putih, Pizarro mempersembahkan gol pertamanya musim ini.

Kekalahan menyebabkan posisi Lecce tidak menguntungkan di papan bawah klasemen. Mereka hanya terpaut tiga poin dari zona merah dan bisa saja digeser Cesena akhir pekan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar